Amalan Yang Sangat Berfaedah Bag.1

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذي انعم علينا بنعمة الايمان والاسلام وجعلنا من امة سيدنا محمد صل الله عليه وسلم

والصلاة والسلام دائمين متلازمين ال سسيدنا وحبيبنا محمد صل الله عليه وسلم و اله و صحبه ومن انتسب اليه اجمعين

عما بعد

Assalamualaikum akhi,

Kali ini alfaqir akan membagikan amalan-amalan yang mana telah diijazahkan oleh guru alfaqir yaitu Samahatul Ustadz Alhafidz Almusnid Alquthb Alhabib Abdullah bin Abdul Qadir Bilfaqih :

1. Dibaca setiap hari untuk menguatkan hapalan menghilangkan lupa :

سنقرئك فلا تنسى ×١٠٠

Sanuqriuka falaa tansa (100x).

2. Dibaca setiap hari untuk menguatkan hapalan menghilangkan lupa :

يامبدئ يا معيد ×١٠٠

Yaa mubdiu yaa muiid (100x).

3. Dibaca setiap hari untuk diberi kefahaman ilmu agama 

يا فتاح ١٠٠

Advertisements

Manfaat Kopi Dalam Islam

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذي انعم علينا بنعمة الايمان والاسلام وجعلنا من امة سيدنا محمد صل الله عليه وسلم

والصلاة والسلام دائمين متلازمين ال سسيدنا وحبيبنا محمد صل الله عليه وسلم و اله و صحبه ومن انتسب اليه اجمعين

عما بعد

Assalamualaikum akhi

Kali ini alfaqir akan membagikan manfaat-manfaat kopi dalam islam.

Kopi dalam ilmu kedokteran sendiri diterangkan memiliki efek untuk menembah kecerdasan otak. Karena di dalam kopi terdapat kafein yang memiliki zat psikoaktif yang dapat mengalir langsung ke pembulu darah kita dan menjadi boost bagi tubuh kita.

Kedokteran juga menganjurkan untuk minum kopi setelah sarapan pagi untuk membuat kita semangat dan otak menjadi lebih segar.

Di dalam islam pun Rasulullah bersabda tentang kopi yaitu :

قال رسول الله صل الله عليه وسلم 

ان قهوة لما طبع له

Anna qahwata limaa tubia lahu. Sesungguhnya kopi tergantung yang ia niatkan ketika ia membuat kopi tersebut.

Jadi, ketika membuat kopi kita niatkan dan berdoa insyaAllah mustajab. Sama seperti tatkala Rasulullah bersabda tentang air zam-zam.

قال رسول الله صل الله عليه وسلم 

ان ماء زمزم لما شرب له

Inna māa zamzam limaa syuriba lahu. Sesungguhnya air zamzam tergantung niat kita saat kita meminumnya.

Dan daripada faedah kopi mustajabnya doa tatkala membuatnya. Ada juga faedahnya daripada mengusir setan dan mengusir rasa kantuk.

Sebagaimana kalam Wali Auliyaillah Samahatul Ustadz Alhafidz Almusnid Alquthb Alhabib Abdullah bin Abdul Qadir bilfaqih yang ada di dalam kitab مائة فائدة miiatu faedah berkata :

ان قهوة تذهب النعاس و تطردالشيطان

Sesungguhnya kopi itu menghilangkan kantuk dan mengusir setan.

Diperkuat juga oleh kalam para ulama menerangkan bahwa :

كل موضع تصنع فيه قهوة لا يقربه الشيطان

Setiap tempat yang mana pada tempat tersebut dibuatkan kopi. Maka, tidak akan mendekati kepada tempat tersebut syetan.

Sumber :Kitab مائة فائدة Miiatu faedah dan Kitab فوائدالمختار Fawaaidul Mukhtar

Kumpulan Hadits Kekinian

maxresdefault

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذي انعم علينا بنعمة الايمان والاسلام وجعلنا من امة سيدنا محمد صل الله عليه وسلم

والصلاة والسلام دائمين متلازمين ال سسيدنا وحبيبنا محمد صل الله عليه وسلم و اله و صحبه ومن انتسب اليه اجمعين

عما بعد

Assalamualaikum

Kali ini alfaqir ingin memposting hadits-hadits kekinian.

Wah apa tuh maksudnya hadits pake kekinian ? Ya maksudnya disini adalah hadits yang menceritakan kehidupan yang terjadi saat ini. Yang mana masyaAllah Rasulullah telah kasyf dibukakan hijab (penghalang) untuk bisa melihat masa depan ummatnya. Akan ada peristiwa apakah yang terjadi pada ummatnya beliau sudah tahu dan memberi tahunya. Yang mana alfaqir mendapatkannya dari muallim lalu Samahatul Ustadz Alhabib Muhammad bin Abdullah Bilfaqih lalu kepada Samahatul Ustadz Alhafidz Almusnid Alquthb Alhabib Abdullah bin Abdul qadir bilfaqih bersambung sanad haditsnya hingga ke Rasulullah.

Berikut adalah hadits-haditsnya :

قال رسول الله صل الله عليه وسلم

اذا كنت صحيح الجسم عليل القلب فبطن الارض خير لكم من ظهرها اذا كانت امرائكن شراركم و اغنيائكم بخلائكم و اموركم ال نسائكم فبطن الارض خير لكم  من ظهرها واذا كانت امرائكم خياركم واغنيائكم سمحاكم واموركم شورى بينكم فظهر الارض خير لكم من بطنها

(Masih arab gundul tanpa harokat insyaAllah akan ada update arab berharakat).

Artinya :

Apabila badanmu sehat, tetapi hatimu berpenyakit maka kamu lebih baik mati daripada hidup. Dan apabila pemimpin-pemimpin kamu adalah orang-orang yang terburuk diantara kamu dan orang-orang kaya diantara kamu adalah orang-orang yang kikir serta segala urusanmu diputuskan oleh istrimu maka kamu lebih baik mati daripada hidup.

Dan apabila pemimpin-pemimpinmu adalah yang terbaik diantaramu dan orang-orang kaya diantaramu adalah orang yang dermawan serta urusan-urusanmu dimusyawarahkan diantara kamu, maka kamu lebih baik hidup daripada mati.

Hadits yang kedua,

قال رسول الله صل الله عليه وسلم
اذا تفشت الزنا والربا و عق الولد اباه وبر صديقة فدخلوا طريقة ال محمد تنجوا من البليا و النار

Artinya :  Apabila perzinaan telah merajalela dan riba berkembang biak serta anak durhaka kepada kedua orang tua akan tetapi hormat dan patuh pada teman. Maka, masuklah tarekat (ajaran) cucuku yaitu (Thariqah Alawiyyah), pasti selamat dari berbagai macam malapetaka dan diselamatkan dari api neraka kelak di hari kiamat.

Hadits yang ketiga :

قال رسول الله صل الله عليه وسلم

كاد الفقر ان يكون كفرا

Artinya :

Hampir saja kemiskinan membuat sesorang menjadi kafir.

Dan ada beberapa doa untuk berlindung kepada Allah dari kefakiran dan kefakiran :

اللهم انا نعوذ بك من الفقر و الكفر

Allahuma inna naudzubika minal faqri wal kufri.
Sumber risalah sekuntum hadits

Aurat pada laki-laki dan perempuan

 بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذي انعم علينا بنعمة الايمان والاسلام وجعلنا من امة سيدنا محمد صل الله عليه وسلم

والصلاة والسلام دائمين متلازمين ال سسيدنا وحبيبنا محمد صل الله عليه وسلم و اله و صحبه ومن انتسب اليه اجمعين

عما بعد

Assalamualaikun akhi ukhti! 

Kali ini alfaqir mau membahas tentang yang namanya aurat. 

Kenapa sih alfaqir ingin ngebahas ini. Ya soalnya alfaqir ingin berbagi ilmu yang alfaqir udah tahu. Dan prihatin juga sih liat orang-orang sekarang baik yang muda apalagi yang tua masih belum kenal batasan-batasan auratnya dengan baik.

Aurat… apa sih yang dimaksud aurat itu?

Aurat itu secara  bahasa adalah kekurangan.

Dan aurat secara istilah hukum syar”i adalah segala sesuatu yang wajib untuk menutupnya; dan haram untuk melihatnya.

Dan adapun pembatasan” aurat itu ada 4 :

1. Aurat laki-laki secara mutlak (di dalam maupun luar sholat), dan budak perempuan di dalam sholat yaitu diantara pusar dan dua lutut. 

Wajib bagi laki-laki untuk menutupi segala sesuatu antara pusar dan lutut. Dan berdosa baginya jikalau orang yang bukan mahramnya melihat sesuatu yang nampak diantara pusar dan lututnya.

Ada kasus dimana seandainya budak perempuan sholat hanya menutupi bagian antara pusar dan kedua lutut. Lalu, tiba-tiba datang laki-laki yang bukan mahramnya, maka sah solatnya. Akan tetapi ia berdosa karena membuka sesuatu yang diharamkan dilihat oleh lelaki yang bukan mahram.

2. Aurat perempuan merdeka di dalam sholat yaitu seluruh badannya kecuali wajah dan kedua telapak tangan.

Dan adapun batasan telapak tangannya dari telapak tangan atas, bawah hingga ke pergelangan. Adapun pergelangan tangan maka wajib tertutupnya. Begitu pula hukum berlaku bagi huntsa (bencong atau orang dengan kelamin ekstra).

3. Aurat perempuan merdeka dan budak perempuan dihadapan orang yang bukan mahram yaitu seluruh badan.

Dan adapun mereka yang bukan mahram adalah : orang yang bukan diantara mereka terikat hubungan darah atau susuan atau ikatan perkawinan.

Dan adapun auratnya : seluruh badan hingga wajah dan telapak tangan.

Namun ada  qaul (pendapat) yang mengatakan di dalam kitab bushral karim syarh muqadimah alhadramiyyah kalau tidak keliru (nanti alfaqir cek lagi). Aurat perempuan dan budak perempuan dihadapan yang bukan mahram : seluruh badan kecuali wajah dan telapak tangan. Hukum ini juga berlaku bagi huntsa meskipun huntsa tersebut statusnya budak.

4.Aurat perempuan merdeka dan budak dihadapan mahramnya dan wanita yang lain yaitu antara pusar dan kedua lutut.

Semoga yang alfaqir berikan bermanfaat khususnya bagi alfaqir pribadi dan untuk akhi ukhti disana. Jikalau ada yang keliru mohon dimaafkan atau ada tata bahasa yang kurang baik silakan comment. Syukran.

Faedah-faedah Bismillah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

الحمد لله الذي انعم علينا بنعمة الايمان والاسلام وجعلنا من امة سيدنا محمد صل الله عليه وسلم

والصلاة والسلام دائمين متلازمين ال سسيدنا وحبيبنا محمد صل الله عليه وسلم و اله و صحبه ومن انتسب اليه اجمعين

عما بعد

Assalamualaikum akhi,

kali ini alfaqir akan membagikan amalan tentang bismillah.

Bersabda Baginda Rasulullah :

كل ذي بال لا يبدء ببسم الله فهو يقطع

Setiap segala sesuatu perkara penting yang tidak didahului bismillah maka terputuslah itu perkara (keberkahannya). (Alhadits)

Maka hendaklah setiap perkara yang kita kerjakan dimulai oleh bismillah.

Ada hikayat yang bersumber dari kitab عقود الجين (uqudul jain) tentang bismillah :

Ada seorang istri sholeh yang memiliki kebiasaan tatkala ia melakukan kegiatan ia tak lepas dari yang namanya mengucap bismillah. Pasti saja perkara sekecil apapun dia tetap memudawamahkan (mengkontinyukan) membaca bismillah. Mengetahui hal tersebut suaminya berniat jahat untuk membuat malu sang istri. Lalu suatu hari si istri dipanggil oleh suaminya. “Wahai istriku, kemarilah ! Ada yang ingin aku ingin titipkan padamu”. “Mau titip apa suamiku?” “Aku mau menitipkan dompetku. Jaga ditempat yang aman dan jangan sampai hilang!” Kemudian istrinya langsung menyimpan dompet suaminya di lemari dan menguncinya. Dengan sebelumnya membaca bismillah. Suaminya pun tahu istrinya menyimpan dompetnya. Lalu si suami ini membuka lemari dan mengambil dompetnya lalu melemparkan dompet itu ke sumur yang dalam.  Namun, Allah maha mengetahui apa yang hambanya kerjakan. Kemudian Allah memerintahkan Malaikat jibril untuk mengembalikan dompetnya ke tempat semula. Suami ini pun memanggil istrinya yang hendak dibuat malu olehnya. “Istriku! Kemarilah!” Panggil si suami.  “Ada apa suamiku?” “Mana dompet yang aku titipkan kepadamu? Aku butuh sekarang!” Tak berselang lama istrinya bergegas mengambil dompet suaminya dan memberikan dompetnya pada suaminya. Betapa terkejutnya sang suami melihat apa yang dilakukan oleh istrinya. Lalu dengan rasa malu si suami ini bertanya apa amalan yang istrinya kerjakan sehingga dia bisa seperti ini. Dengan sebelumnya meminta maaf kepada istrinya bahwa dia hendak berniat jahat kepadanya. Istrinya mengatakan kepadanya bahwa setiap kali dia melakukan sesuatu meskipun hanya pekerjaan ringan, dia selalu membaca bismillah terlebih dahulu. Oleh karena itu, berkat keistiqamahannya melakukan amalan tersebut, Allah memberinya perlindungan dari kejahatan.

Adapun faedah-faedah bismillah adalah sebagai berikut :

1.Membaca Bismillah menjaga kita daripada api neraka dan malaikat zabaniyah.

Apa sih itu malaikat zabaniyah? Malaikat Zabaniyah adalah malaikat penjaga neraka.

2.Membaca Bismillah 21x aman dari mati tiba-tiba, pencurian & kebakaran (Dibaca sebelum hendak tidur).

3.Membaca bismillah 41x dan diperdengarkan kepada orang yang hilang akalnya alias gila, maka akan sadar.

4. Membaca Bismillah 51x ketika bertemu pejabat, menteri dan hakim akan aman dari tipu daya (politik) mereka.

5.Membaca Bismillah 71x untuk mendapatkan tempat atau hunian yang dia inginkan.

6.Membaca Bismillah 100x di tempat yang terasa sakit, dibaca istiqamah selama 7 hari. Maka, sakitnya insyaAllah akan sembuh.

7.Membaca Bismillah 313x menghadap kiblat dalam keadaan suci dan membaca shalawat tatkala matahari terbit.

8.Membaca Bismillah selama 41 hari di waktu pagi 25000x maka Allah akan memberi kefahaman di dalam ilmunya.

Sumber kitab ghayatul muna.

10 Sifat Anjing Yang Selayaknya Ada Pada Seorang Mukmin

dog

 بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذي انعم علينا بنعمة الايمان والاسلام وجعلنا من امة سيدنا محمد صل الله عليه وسلم

والصلاة والسلام دائمين متلازمين ال سسيدنا وحبيبنا محمد صل الله عليه وسلم و اله و صحبه ومن انتسب اليه اجمعين

عما بعد

Assalamualaikum Akhi !

Semua pada tahu kan hewan yang namanya anjing.

Ada yang lucu, baik, penurut dan ada juga yang mokong (bandel), galak, bahkan ada yang bisa maen basket ama bola macem-macem dah bingung.

Meskipun banyak orang yang suka memelihara hewan ini, Namun dalam islam mereka dihukumi najis sama seperti babi.

Malah ada sebagian orang yang bilang, “Eh najis najis juga kan lucu gapapa kali buat dipelihara lagian kalo megang juga langsung bersih-bersih diri lagi.”

Iya kali bersihin tangannya tinggal cuci pake air langsung suci.

Malah, kalau mau bersesuci dari najis anjing atau babi. Bagian yang terkena najis harus dicuci 7x basuhan lalu dicampur dengan tanah. Dengan sebelumnya menghilangkan bentuknya najis setelah menyentuh anjing atau babi jikalau ada.

Tapi ada pengecualian akhi, ada anjing yang boleh dipelihara. Yaitu anjing yang dipakai sebagai anjing penjaga, atau anjing yang membantu pekerjaan, yang mana pekerjaan tersebut akan efektif jikalau memakai anjing. Contohnya dalam kasus : pelacakan oleh polisi menggunakan penciuman anjing.

Namun jikalau memelihara karena bukan dari kedua tujuan di atas maka memeliharanya itu hukumnya adalah haram. dan setiap hari pemilik anjing tersebut akan berkurang pahalanya dari hari ke hari.

Ada kisah menarik tentang seseorang yang mokong yang memelihara anjing.

Pada suatu hari ia bertanya kepada Habib Ali bungur (kalau tidak salah), “Wahai habib, bagaimana hukumnya saya makan bersama dengan anjing saya?”

Lalu Habib ali menjawab, “Haram, jangankan makan bersama menyentuhnya saja tidak boleh.”

Namun si orang ini masih mokong lalu bertanya kepada Habib Ali Kwitang Alhabsyi. Lagi-lagi jawabannya sama haram tidak boleh.

Setelah bertanya kepada Habib Ali Bungur dan Habib Ali Kwitang tetap ia masih mokong. Lalu bertanya kepada Habib Salim Bin Jindan.

Habib Salim Bin Jindan menjawab, “Ya boleh, khusus buat ente boleh makan bareng ama anjing !”

Lalu si orang ini riang gembira dan berkata, “Wah bib, makasih ya bib bener antum ulama paling alim. semua ulama pada ngelarang saya buat makan bareng sama anjing saya, tapi antum memberi fatwa boleh bagi saya !”

Lalu terdengar kabar kepada Habib Ali Bungur dan Habib Ali Kwitang Alhabsyi bahwa Habib Salim Bin Jindan memberikan fatwa halal makan bersama anjing bagi orang itu lalu keduanya bertanya kapada habib salim.

“Wahai Habib Salim, apakah ada qaul(pendapat)  di dalam fiqihnya antum memberikan dia fatwa halal melakukan hal seperti itu?”

Habib Salim menjawab, “Tidak ada”

Keduanya heran dan bertanya kembali, “Lalu kenapa antum memberikan fatwa demikian”.

Habib Salim menjawab kembali, “Tadi orang itu udah pergi ke antum wahai habib ali bungur menanyakan hal itu dan antum jawab haram. Lalu pergi kepada habib ali kwitang dan habib ali kwitang menjawab jawaban yang sama seperti antum. Namun ya emang dasarnya keras kepala mokong orangnya. Eh, dia malah nanya lagi ke ana. Ya udah ana bolehin. Kenapa ana bolehin? sederhana aja, Al’aqlu yakfi bil isyarah orang yang berakal itu cukup dengan isyarah. Dia sekali dikasih tau ga nurut kedua ga nurut ketiga yaudah ana kasih fatwa gitu. Berarti dia hewan gapunya akal, ya udah sama-sama anjing.”

Nah sekarang alfaqir mau sharing nih tentang 10 sifat anjing yang selayaknya harus ada pada orang sholeh :

  1. Anjing ini selalu lapar. Dan adapun sifat ini termasuk daripada sifat orang Sholeh.
  2. Tidaklah ia tidur pada malam hari terkecuali sebentar. Dan adapun sifat ini daripada sifat orang yang ahli tahajud.
  3. Seandainya ia diusir pada satu hari 1000x maka ia akan selalu kembali menunggu di depan pintu majikannya. Dan ini tanda daripada orang yang  benar dalam cintanya.
  4. Kalau ia mati tidak meninggalkan warisan. Dan ini sifat daripada orang yang zuhud.
  5. Ia qanaah (merasa cukup) dengan rendahnya kedudukannya dan ini tanda daripada orang yang ridho.
  6. Ia memandang kepada makanan yang dimiliki seseorang, ia tidak akan tiba-tiba mengambilnya. Sampai orang yang melihatnya  melemparkan padanya satu suapan kepadanya baru ia mendekati makanan tersebut. dan ini adalah tanda akhlak orang miskin.
  7. Sesungguhnya jikalau dia diusir dan dilempar mukanya oleh debu atau tanah maka ia tidak akan marah dan dendam. Dan ini termasuk orang yang memiliki rasa cinta.
  8. Apabila tempat atau basecampnya ditempati oleh yang lain maka ia meninggalkannya dan pergi ke tempat lain. Dan ini termasuk daripada orang-orang yang terpuji.
  9. Ia bisa bermalam hari hanya dengan satu suapan makanan. Dan ini tanda daripada orang-orang yang qanaah.
  10. Jikalau ia berpergian ke suatu tempat maka ia tidak membawa bekal. Dan ini termasuk daripada sifat orang yang tawakal.

 Jadi mulai sekarang gausah marah ya kalau ada yang ngejek kamu anjing atau ngerasa hina gimana gitu karena dikatain anjing hehe. Karena ada pelajaran yang bisa kita ambil dari anjing meskipun dalam zahir (bentuknya) hina. 

Karena tiada ciptaan Allah yang sia-sia.

Sumber : Kitab Kasyifatussaja Syarh Safinatun Naja Karangan Imam Nawawi Albantaniy

 

Amalan-amalan penarik rezeki.

f601bc5b6d8d3e09f6abc828412080f76715baef

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذي انعم علينا بنعمة الايمان والاسلام وجعلنا من امة سيدنا محمد صل الله عليه وسلم

والصلاة والسلام دائمين متلازمين ال سسيدنا وحبيبنا محمد صل الله عليه وسلم و اله و صحبه ومن انتسب اليه اجمعين

عما بعد

Untuk postingan pertama alfaqir (saya) ingin membagikan beberapa amalan-amalan penarik rezeki. Yang mana amalan-amalan tersebut bersumber dari Alquran, Sunnah, Kitab-kitab para salafunassoleh dan Kalam wali auiliyaillah yang saya dapatkan dari para muallim saya di pontren.

Berikut amalan-amalannya :

AMALAN DARI KITAB ALAADIYAH WALMUNAJAH:

1. Dilancarkan Rezeki
وَصُبَّ عَلَيْنَا الرِزْقَا صُبَّةَ الرِّحْمَةِ فَاَنْتَ رَجَاءُالْعَالَمِيْنَ وَلَوْ طَغَتْ (dibaca 35x)

washubba alaina rizqo shubbata rohmah faanta rojaaul aalamiin walau thoghot 35x.

2. Dibaca ketika diberi uang oleh orang lain, maka orang lain yg memberikan uang tersebut akan memberi terus uangnya kepada kita.

بِسْمِ اللهِ مَا شَاءَ الله لَا حَوْلَا وَلَا قُوَةُ اِلَا بِاللهِ

bismillahi maa syaa Alloh Laa haula walaa quwwata illa billahi. (Amalan dari Kiai Maemun Zubair).

3. Doa Dituntaskan Hutang :

اَللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ. وَاَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allohumma ikfinii bihalaalika an haroomika waagninii bifadlika amman siwaak.

4. Membaca Ayat ke 5 Alfatihah diulang” 7x pada bagian وَاِيَّاك نستعين lalu berdoa minta hajat apa saja insyaAllah dengan kuasa Allah dikabulkan doanya, lalu selesaikan bacaan Alfatihahnya. (Khusus baca diluar sholat).

5. Aman dari segala penyakit terutama wasyir alias ambeien(terutama buat yg suka lama duduk seperti kita).

Caranya :

Ketika sholat fajr alias sholat 2 rakaat qabliyah subuh.

1. Rakaat pertama setelah membaca Surah Alfatihah membaca surah Alam Nasrah(Al-Insyirah) dan Qulya(Alkafirun).

2. Rakaat kedua setelah Alfatihah membaca Alam Taro(Al-Fiil) dan Qulhu(Al-Ikhlas).

Sumber amalan ke-4 dari hadits Baginda Nabi. صل الله عليه وسلم :

من قرا الم و الم لم يصبه الم

Barang siapa yang membaca Alam Nasyrah dan Alam Taro tidak akan menimpa kepadanya suatu penyakit.

6. Ketika ragu hendak memakan sesuatu makanan apakah halal atau haram(subhat):

بِسْمِ اللهِ الِّذِيْ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِي الْاَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمِ

Bismillahi lladzii laa yadlurru maasmihi saiun walaa fis samaai wahuwa ssamiiul aliim.

7. Terbebas dari galau kesumpekan kegundahan :

baca Alam Nasyrah(Al-Insyirah) 3x setelah selesai sholat dengan menempelkan telapak tangan ke dada(hati).